Mudah begini cara membuat stempel kayu runaflek

Ahmad Yusuf 10/11/2018
Mudah begini cara membuat stempel kayu runaflek - Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat stempel kayu dengan cara yang paling mudah dan pastinya mengeluarkan biaya murah. hal yang pertama perlu di perhatikan adalah waktu penyinaran film stempel. karna banyak kejadian dari teman - teman yang gagal dalam pembuatan stempel masalahnya dari penyinarannya yang kurang pas. oleh karna itu kita akan membahas bagaimana tips dan trik menyinari film stempel dengan memperhatikan cara - cara yang akan kita ulas.
Sebagai pelaku pembisnis kita dituntut selalu inovatif dan mau belajar hal - hal baru, yang dimaksud disini adalah mempunyai keingin untuk belajar. karna setiap hasil akan ada prosesnya seperti halnya mempelajari cara membuat stempel manual ini ada beberapa tahapan sebelum membuat karna proses pembuatan stempel manual tidak semudah yang anda bayangkan. biasanya dalam masa awal pembelajaran akan banyak gagal dan kesalahan baik itu membuang bahan karet runaflek dan juga rugi waktu. perlu saya tekankan setiap proses pembuatan stempel manual berbeda beda. Terkadang dalam penyinaran film ada yang membutuhkan waktu hanya 5 menit ada juga yang membutuhkan waktu sampai dengan 27 menit, semua ini tergantung pada lampu Ulta Violet yang anda gunakan. saya sarankan agar penyinaran cepat gunakan yang wat besar antara 25 dan di atasnya. pengalaman saya menggunakan lampu ultra violet sebanyak 2 buat dengan masing - masing 8 wat memakan proses penyinaran yang begitu lama. sehingganya dalam proses pembuatan tidak bisa di tunggu oleh konsumen.
Apabila anda sudah mengetahui wat lampu yang akan digunakan proses ini bisa dikira - kira biasanya calon stempel manual yang berhasil bisa dilihat sebelum diberi bensin akan membayang pada papan karet runaflek gambar yang kita sinari dengan lampu.sedangkan yang calon gagal atau tidak jadi biasanya tidak ada bayangan pada papan runaflek yang kita sinari lampu Ultra violet permasalahan ini terjadi disebabkan oleh kurangnya daya sinar lampu dan proses waktu penyinaran. solusi untuk mengatasi hal ini anda perlu menambah waktu lebih lama kira - kira setiap percobaan awal di tambah waktu 10 menit untuk lampu wat kecil.

Untuk anda yang baru akan mencoba tanpa bantuan tutor bisa mencoba langkah ini secara di ulang - ulang sampai proses penyinaran yang pas untuk menghasilkan stempel yang sempurna, hal lain yang perlu di perhatikan dalam membuat settingan film stempel adalah jangan memirror desain stempel karna letak yang sempurna agar stempel berhasil dibuat bagian yang diprint harus di hadapkan ke arah papan stempel yang akan dibuat cap, kertas yang bisa digunakan dalam membuat stempel mulai dari kertas kalkir, plastik OHP yang bisa di printe, apabila untuk mendapatkan kedua bahan tersebut sulit sobat bisa gunakan kertas yang di olesi minyak goreng tujuannya agar kertas tranfaran.

Cara membuat stempel kayu dengan mudah dan murah
Cara membuat stempel kayu dengan mudah dan murah
Perlu diketahui antara stempel kayu dan stempel flash cara pembuatannya berbeda dari teman - teman yang berpengalaman lebih memilih membuat stempel flash karna cara nya yang mudah tanpa ribet dan tidak perlu keahlian khusus. namun untuk pilihan konsumen selama ini banyak mengeluh dengan kendala tinta yang kadang tidak merata sebetulnya hal ini bukan masalah fatal karna tinta yang tidak merata biasanya terjadi karna kurangnya isian tinta saat pembuatan. kita tidak akan membahas panjang lebar mengenai stempel flash ini namun apabila sobat ingin membandingkan antara cara kerja pembuatan stempel flash dan stempel kayu jelas lebih mudah stempel flash.

Baca Juga :

Langkah membuat stempel kayu
  1. siapkan alat yang dibutuhkan lampu UV untuk penyinaran, Karet runaflek, kuas cat, bensin, gagang stempel, busa stempel, kertas kalkir.
  2. Print kertas kalkir sesuai dengan bantuk stempel yang akan sobat buat jangan di mirror.
  3. potong sesuai pola, tempelkan di karet runaflek namun sebelumnya buka lapisan keras yang ada pada karet runaflek,
  4. Masukkan ke dalam kotak lampu UV kurang lebih 15 menit namun sobat harus melihat apabila wat yang digunakan kecil bisa sampai 27 menit, Nah pada bagian ini cara melihat apakah waktu pas sobat bisa melihat hasil dari penyinaran apabila hasil gambar terjiplak di area karet biasanya stempel akan sempuarna sebaliknya apabila tidak terjiplak stempel bisa gagal.
sobat bisa sesuaikan waktu yang sobat butuhkan sesuai dengan apa yang sudah saya jelaskan diatas,  semoga artikel ini membantu dan memberikan pencerahan untuk sobat yang sedang memulai belajar membuat stempel karet manual.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar