Tutorial Mencetak Gelas Mug Dengan Sublimasi

Ahmad Yusuf 10/24/2018
Tutorial Mencetak Gelas Mug Dengan Sublimasi - Usaha dibidang percetakan memang harus banyak melakukan inovasi - inovasi baru tujuannya tentu agar konsumen tidak jenuh dengan produk itu itu saja yang kita tawarkan, seperti yang akan kita ulas pada artikel ini mengenai teknik atau cara melakukan sublim mug yang akan kita bahas secara lengkap dan bisa dipraktekkan. Usaha cetak mug atau sablon mug dengan media sublim merupakan usaha yang mudah dan simple asalkan anda bisa mengolah aplikasi photoshop dengan baik maka usaha ini kan mudah dijalankan. untuk pangsa pasar usaha sablon mug menggunakan sublimasi sangat luas yang biasanya digunakan untuk sovenir, hadiah dan juga cindramata, apalagi pada saat musim caleg secara spontan pasti pesanan untuk pembuatan sovenir sablon mug ini akan banyak.


Sebelum kita berbicara manis mengenai keuntungan usaha dibidang sablon mug atau gelas ini, sobat perlu mengetahui jenis - jenis mug dan juga jenis tinta yang digunakan, karna sablon sublimasi sangat berpengaruh terhadap jenis tinta sublim dan juga mug. seperti pengalaman saya saat pertama usaha dibidang sovenir khususnya mug terkendala saat coating karna bagian mug yang tercoating tidak merata sehingga menyebabkan hasil sublimasi tidak menempel dengan baik. nah hal ini perlu diperhatikan ya.

Sebelum anda membeli mug pastikan mug yang anda beli adalah mug yang sudah coating, apa itu coating? coating merupakan pelapisan mug khusus yang fungsinya untuk menempelkan hasil sublimasi apabila mug yang anda beli mug biasa yang tidak di coating terlebih dulu maka saya pastikan hasil sublimasi tidak akan menempel di mug. 

Baca Juga :

Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan atau membuka usaha sablon mug sublimasi 
  1. Pastikan anda bisa Aplikasi photoshop atau corel atau aplikasi desain lainnya
  2. Ubah tinta printer biasa menggunakan tinta sublim atau baiknya beli printer baru dan tinta langsung di isi sublim
  3. Siapkan kertas Inkjet paper
  4. Siapkan MUG yang sudah dicoating
  5. Siapkan mesin press MUG dan atur waktu lamanya pengepresan kurang lebih 5 menit
Langkah melakukan sublimasi :
  1.  Desain gambar sesuai dengan ukuran lingkaran MUG print secara miror atau posisi gambar dibalik
  2. Cetak menggunakan kertas inkjet paper pada bagian yang licinnya, dengan printer tinta sublim berukuran 8cm x 20cm dengan resolusi  gambar yang bagus 300px/cm.
  3. Tempelkan di mug dengan cara melingkari lalu bagian sisi kertas agar menempel di mug beri solatif kertas
  4. Masukkan ke dalam mesin Press MUG press mug dengan suhu 200derajat celcius selama 150 detik
  5. Selesai, 
  6. Sampai disini Mug sublimasi sudah jadi dan bisa dijual, 
 Dari langkah diatas apabila ada yang kurang jelas, silakan tinggalkan komentar. semoga artikel singkat ini membantu dan memberikan wawasan serta ilmu baru. untuk anda yang baru memulai wirausaha jangan ragu untuk cepat mendirikannya ya. terimakasih

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar