Panduan Cara Melakukan Coating Mug, Coating Keramik untuk di sublim

Ahmad Yusuf 10/24/2018
Panduan Cara Melakukan Coating Mug, Coating Keramik untuk di sublim - Coating merupakan langkah melapisi suatu bahan menggunakan cairan, nah pada proses sublimasi benda khususnya keramik dan mug atau tumbler keleng, agar tinta sublimasi nempel hal yang harus anda lakukan adalah mencoating benda - benda tersebut, tanpa adanya coating pada bahan dasar maka proses sublimasi tidak akan berhasil dan pasti gagal, karna tinta hasil tranfer dari sublim tidak menempel di mug, keramik atau benda yang tidak di coating. untuk jenis coating mug, keramik atau benda yang berbahan dasar tahan panas biasanya coating berbahan dasar minyak seperti thiner, bahan coating ini biasanya dijual di berbagai marketplace seperti tokopedia atau bukalapak, anda bisa menemukan disana dengan kata kunci coating mug.
Panduan Cara Melakukan Coating Mug, Coating Keramik untuk di sublim
Panduan Cara Melakukan Coating Mug, Coating Keramik untuk di sublim

Langkah dalam proses coating ini cukup mudah. namun perlu ketelatean ekstra jangan sampai hasil coating yang anda lakukan gagal. karna akan membuang beberapa mug. Sebelum kita belajar dan mengulas lebih dalam lagi mengenai proses coating sebaiknya anda mempersiapkan beberapa alat yang digunakan dalam peroses coating mug ini,
  1. Masker
  2. Wadah penampung ember 2 buah bersih
  3. Pengaduk yang bersih
  4. oven
  5. Kain anti panas / bisa menggunakan kain bersih
  6. Cairan Coating
  7. Cairan Thiner 
Setelah anda menyiapkan beberapa alat diatas artinya anda sudah siap melakukan proses coating mug, saran saya ketika melakukan coating mug usahakan di tempat ruangan terbuka yang bersih. karna aroma cairan coating akan sangat menyengat di hidung ditambah cairan thiner, tentu akan membuat orang rumah tidak nyaman dengan baunya. dan ketika sedang melakukan proses coating usahakan terhindar dari debu karna cairan ini dasarnya lengket apabila terkena debu sedikit saja agak susah menghilangkannya.

Langkah - Langkah Proses Coating MUG / Keramik/ Tumbler Kaleng
  1. Pastikan gunakan masker untuk menghindari bau menyengat.
  2. Campur antara thiner dan cairan coating mug 1 banding 1
  3. aduk sampai merata, setelah dirasa sudah teraduk rata masukkan mug dengan cara dicelupkan usahakan sebelum melakukan ini mug dibersihkan jangan ada debu, proses pencelupan ini dilakukan hanya bagian luarnya saja jangan masuk ke bagian dalam mug.
  4. setelah dirasa merata pada bagian luar mug, angkat dan tiriskan sebentar.
  5. Masukkan mug yang sudah di coating kedalam oven listrik atau oven api 
  6. Masing - masing untuk jenis oven memiliki waktu yang berbeda untuk oven listrik biasanya menggunakan waktu pemanasan selama 3 - 5 menit sedangkan menggunakan oven api waktu kisaran 6 - 7 menit. namun perlu diperhatikan dalam pemanasan ini anda harus mencobanya sendiri sesuaikan waktu yang tepat dan pas sampai cairan coating mug mengering dan tidak menempel dan jangan terlalu lama karna mug akan menjadi menguning ini tidak bagus juga.
  7. Setelah kira - kira waktu yang di tentukan sudah selesai angkat mug dalam kondisi panas mengguanakan kain bersih
  8. Biarkan mug dingin dan siap digunakan untuk sublimasi, proses ini sama saja untuk coating pada mug, keramik dan juga Tumbler kaleng. 
Dari penjelasan ini apabila ada yang ingin di tambahkan atau yang ingin bertanya silakan komentar dibawah ini, semoga apa yang ditulis di blog ini memberikan manfaat. terimakasih

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar