Cara membuat foto kayu dengan jam

Ahmad Yusuf 10/30/2018
Cara membuat jam di kayu dengan foto - Dunia usaha kreatif semakin hari semakin berkembang, salah satunya di industri percetakan yang mana dulu percetakan hanya fokus pada undangan dan cetakan nota semata. kini kebanyakan pecetakan menggabungkan dunia kreatif ke usaha nya mulai dari cetak plakat, papan nama, jam kayu yang di tempeli foto, keramik foto dan lain - lain. seperti yang akan kita bahas kali ini bagaimana proses pembuatan awal jam kayu. mungkin usaha ini terbilang usaha baru yang harus sobat pelajari sebelum memulainya, mulai dari cari mesin jam dan juga kayu yang bagus.

penglaman saya dalam peroses pembuatan jam kayu kesulitan dalam pemotongan dan membentuk kayu, sehingga saya usahakan mencari panglong kayu yang juga menerima order kayu yang sudah jadi yang sudah dipotong sesuai dengan keingin kita. maklum basic saya tidak ada dalam urusan memotong kayu dan juga serut kayu. sebetulnya dalam  industri usaha jam kayu sudah banyak yang dilakukan beberapa percetakan di indonesia, misalnya membuat jam kayu dengan logo - logo team sepak bola internasional, jam kayu model vintage dan masih banyak lagi, sehingga dalam artikel ini saya akan membuat pembeda dari pembuatan jam kayu yang sudah ada di pasaran, yaitu jam kayu costum yang dapat dibuat berdasarkan gambar atau foto pemesan.

Cara membuat foto kayu dengan jam
Cara membuat foto kayu dengan jam

Tantangan dalam pembuatan jam kayu ini adalah sering kesulitan untuk mendapatkan jenis kayu yang saya cari. karna jenis kayu ini jangan sekali digunakan oleh masyarakat umum. bukan seperti kayu sengon dan juga kayu - kayu yang digunakan dalam material pembuatan rumah, jenis kayu - kayu yang saya butuhkan memang terbilang kayu kelas yang harus dipesan. jadi terkadang saya harus menunggu beberapa hari jika stok bahan kayu habis. sebetulnya banyak alternatif kayu yang dapat digunakan dalam pembuatan jam kayu pernah saya mencoba beberapa jenis kayu yang bukan kayu Pinus dan juga Kayu Jati Belanda hasilnya seperti kurang puas, kana dilihat dari tampilannya kayu nya tidak berserat.

Untuk kedua kayu ini antara Pinus dan Jati belanda memiliki serat kayu atau urat kayu yang mana ada tampilan seni tersendiri dan enak dilihat mata. namun untuk proses belajar anda tidak perlu mencari kayu yang sulit didapat, coba saja dengan kayu yang ada asalkan permukaan bersih, rata dan juga berwarna putih.

Sebelum membuat jam kayu apa saja yang harus anda siapkan? nah dalam hal ini ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan sebelum memulai membuat jam kayu antara lain :
  • Pelajari sifat kayu yang digunakan karna terkadang ada karateristik kayu yang akan berubah atau bahasanya melengkung ketika suhu dingin, hindari penggunaan kayu yang masih basah karna ini akan menjadikan memuai pada produk kretif anda.
  • Gunakan kayu yang bagus diantaranya kayu pinus atau kayu jati belanda yang berwarna putih, tujuannya warna putih agar mudah di tempel gambar dan lebih kontras.
  • Serut dan bentuk kayu sesuai pola keinginan bentuk jam yang akan dibuat usahakan hasil serutan halus dan rata karna nanti akan kita tranfer foto di media ini.
Setelah semuanya anda buat dan hasilnya sepurna berikutnya siapkan alat pendukung lainnya, diantaranya LEM untuk tranfer, mesin jam dan juga alat - alat seperti bor dan lainnya. untuk mesin jam anda bisa memesan di banyak market online seperti tokopedia dan bukalapak. Sebelum kita mengulas cara pembuatannya kita akan membahas terlebih dulu lem yang diguanakan untuk mentranfer foto ke kayu. Nah berdasarkan penglaman dari beberapa sumber dan pengerajin kreatif cara pemasangan foto di media kayu atau yang disebut tranfer gambar ke kayu mereka manggunakan lem DF74. namun saya tidak akan menyulitkan untuk menggunakan lem yang susah di cari, nah jadi kita akan membahas terlebih dulu pembuatan lemnya ya.

Pembuatan LEM tranfer Foto Kayu.
  • Gunakan lem putih merk FOX dan  NO DROP TRANSFARAN (yang bisa digunakan untuk pelapis anti bocor) yang dicampur satu banding satu atau dengan takaran yang sama aduk hingga merata. misal kita butuh satu sendok Lem FOX dan juga satu sendok NO DROP.
Setelah lem sudah di aduk dan siap digunakan selanjutnya kita akan membahas cara mencetak gambar, nah dalam mencetak gambar ini anda menggunakan tinta dye atau lebih bagus menggunakan tinta artpeper. cetak mengguanakan kertas foto tipis saja intinya yang glosy berdasarkan pengalaman apabila kertas foto tipis sulit ditemukan gunakan saja kertas foto mungly. Print secara miror diamkan beberapa saat sampai tinta di kertas benar - benar kering,

Cara Pengolesan LEM ke media KERTAS dan KAYU

Tahan ini adalah proses pengolesan atau pengaplikasian lem ke kayu. Hal pertama anda harus mengoleskan lem yang sudah kita campurkan tadi ke media kayu gunakan spons ya. sampai merata diamkan atau jemur sampai kering. setelah itu oleskan lagi media kayu dengan lem yang sama sampai merata lalu tempelkan gambar yang sudah di print dengan kertas glosy tadi ke kayu. keringkan dengan cara di gosok. namun sebelum itu usahakan proses penempelan gambar harus rata dan jangan ada bagian yang tidak menempel dengan sempurna. setelah dirasa kering anda bisa basahi kertas dengan air secara perlahan - lahan sambil kertas di gesut - gesut oleh tangan agar terkikis sampai bersih dan gambar mulai terlihat. proses ini merupakan butuh kesabaran karna cara mengesutnya harus perlahan - lahan jangan sampai robek dipaksa, setelah semuanya terlihat dengan jelas berikutnya adalah proses finishing.

Baca Juga :
Cara tempel gambar ke akrilik dengan mudah dijamin awet
Membuat Gantungan Kunci dari bahan akrilik dengan mudah dan murah

Proses Finishing Pembuatan Jam Kayu dengan Foto 

Nah setelah hasil dapat dilihat, agar hasil tranfer kuat dan tahan terhadap cuaca dan goresan anda harus sempot mengguanak pilox clear atau pilox yang bening tranfaran.

Cara diatas saya gunakan alternatif dari lem taranfer gambar yang ada di pasaran, apabila sobat ingin mencobat menggukan lem campuran yang saya jelaskan diatas silakan dicoba, untuk tambahan dan juga pertanyaan anda bisa komentar dibawah ini. terimakasih sudah mengunjungi blog tipstrikcetak.blogspot.com, semoga memberikan manfaat

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar