3 Cara Sablon mug yang mudah di praktekkan

Ahmad Yusuf 2/11/2019
3 Cara Sablon mug yang mudah di praktekkan - Anda yang ingin mulai usaha dibidang sablon mug tentu harus mempelajari beberapa materi mengenai cara dan hal apa saja yang perlu disiapkan dalam melakukan wirausaha ini. tidak ada yang sulit apabila anda punya niat dan tekad yang kuat. dalam dunia usaha sablon mug bisa dikategorikan sebagai usaha dibidang industri kreatif. tidak semua orang mengetahui bagaimana cara melakukan sablon mug. ada dua tiga macam cara dalam melakukan sablon mug yang harus anda ketahui. dan pilih cara mana yang akan anda gunakan, tentu masing - masing cara sablon mug ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing.

Tahapan persiapan dalam sablon mug adalah memiliki skil dalam pemahaman desain setidaknya anda dapat mengoprasikan aplikasi photoshop atau coreldaw, dimana kedua aplikasi ini bisa anda gunakan sebagai editor nantinya. sebelum kita membahas lebih dalam mengenai teori belajar sablon mug saya akan jelaskan tiga hal teori sablon mug dibawah ini :

Sablon Mug Sistem Sublimasi

Sablon mug sistem sublimasi ini anda harus menggunakan mug yang di coating terlebih dulu biasanya harga mug coating ini kisaran harga Rp.8000, - tentu anda dapat menjualnya dengan harga Rp.15.000,- atau bahkan lebih. bayangkan jika mug ini dipesan untuk kepentingan partai tentu ini menjadi omset yang luar biasa untuk anda. untuk sistem kerjanya memang lebih mudah dalam proses sablon mug, yang anda butuhkan adalah mesin press mug bisa anda lihat gambar dibawah ini :
Mesin Sablon MUG
Mesin Sablon MUG

Cara kerja mesin mug sublim ini adalah panas, jadi mug yang sudah ditempel gambar menggunakan kertas yang sebelumnya dicetak menggunakan tinta sublim ditempel di mug lalu dipress menggunakan suhu panas maka secara otomatis gambar akan berpindah. tentu cara ini mudah sekali, asalkan anda punya skill desain.

Sablon Mug Cara Tranfer Decal

Sablon mug decal merupakan cara mudah dalam proses sablon mug karna langkah ini cukup sederhana yang diperlukan hanya ketepatan, ketelatenan dan tentunya bahan yang dibutuhkan. Cara sablon menggunakan decal sendiri dilakukan tanpa mesin heat press mug, anda cukup membeli kertas decal paper dimana ada dua pilihan yang tranfaran dan juga white. dari kedua jenis tersebut tentu memiliki fungsinya masing - masing. untuk tranfaran anda bisa gunakan di mug berwarna putih. sedangkan untuk decal White anda bisa tempelkan gambar di area mug warna hitam dan warna gelap lainnya.
Cara Sablon Menggunakan Kertas Decal
Cara Sablon Menggunakan Kertas Decal

Cara Kerja sablon mug menggunakan decal yang pertama adalah print kertas decal menggunakan printer tinta artpaper agar tidak mudah luntur. setelah itu sempot menggunakan pilok clear atau pilih bening. tunggu sampai kering lalu rendam kurang lebih 5 menit kedalam air dan setelah dilihat gambar mulai terpisah dengan kertas. anda bisa tempelkan pada mug yang akan di sablon. dan keringkan dengan cara headrayer atau oven agar hasil lebih maksimal.

Sablon Mug Cara Manual

Cara sablon mug dengan manual merupakan cara yang agak sedikit sulit, karna sebelum menyablon anda harus membuat film terlebih dulu sama halnya dengan sablon kain. disisi lain untuk sablon manual sendiri proses nya lebih lama dibanding dua cara diatas. dan juga tentunya anda harus memiliki skill sablon terurama apdruk screen dan lainnya perlu dikuasai.

Alat sablon mug manual
Alat sablon mug manual
Cara kerja sablon manual biasanya menggunakan alat dengan cara kerja di gesut pada area mug tersebut, tinta yang digunakan jenis minyak dan juga proses pengerjaan jika lebih dari satu warna akan dilakukan dengan cara berulang. tentu langkah ini akan sangat berbeda jika kita bandingkan dengan kedua langkah diatas. 

Dari tiga cara diatas anda bisa memilih cara yang menurut anda simple dan tidak repot serta tidak memakan waktu yang lama.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar