5 Kiat Memperbaiki Printer Epson L Series Menarik Banyak Kertas

Ahmad Yusuf 3/25/2020
5 Cara Memperbaiki Printer Epson L Series Menarik Banyak Kertas - Untuk pengguna printer Epson L Series yang mengalami permasalahan pada printernya yang mana saat digunakan untuk cetak kertas menariknya lebih dari satu lembar. Dengan kata lain saat kita print 1 halaman entah apa yang terjadi kertas yang ada di atas printer tertarik semua. padahal kertas yang kita gunakan baru dan masih bagus belum lembab. Nah untuk mengatasi problem ini ada beberapa kiat yang harus kita lakukan.

Sebetulnya cara ini sangat mudah dilakukan oleh orang yang bukan teknisi printer asalkan anda memiliki perlengkapan obeng maka sudah bisa memperbaiki sendiri tanpa harus membawa printer Epson Ke service centre. 

Perlu diperhatikan dalam menyelesaikan masalah ini biasanya printer tidak ada indikasi error apapun jadi fix masalahnya hanya saat menarik kertas double dan lebih dari satu lembar. apabila printer EPSON berkedip pada bagian lampu dengan icon segitiga. artinya ada masalah lain yang menjadi problem pada mesin printer anda.

Jadi ada kemungkinan cara ini tidak dapat mengatasi printer anda yang sedang mengalami masalah ini. solusinya harus mengecek beberapa part lain yang berhubungan dengan error yang terjadi, Tapi jika problem printer sederhana hanya menarik kertas lebih dari satu lembar artinya cara yang akan saya ulas disini sangat cocok dan work untuk memperbaiki printer anda yang sedang mengalami kendala.

Sekarang kita akan mulai membahas apa sebetulnya penyebab printer ini? jawabannya printer yang mengalami kondisi ini disebabkan karena faktor Bagian Roller Printer yang kurang baik, bisa karena per patah dan lain sebagainya. intinya problem ini disebabkan karena Bagian Roller Printer.

Perlu diketahui pada bagian penarik kertas ini ada part yang perannya sangat penting dan perlu di jadikan hal mendasar apabila kerusakan terjadi. yaitu bagian Roller Printer yang akan menarik kertas dari atas printer untuk masuk ke pencetak.

di dalam printer ini terdapat dua Roller yaitu Roller Atas dan Roller Bawah, jika diantara roller ini tidak dapat bekerja dengan baik maka printer akan mengalami ganggungan pada bagian penarik kertasnya. Banyak sekali yang mempengaruhi dari kerusakan Roller kertas ini diantaranya :
Kondisi seperti diatas itu disebabkan karena faktor kerusakan dari Roller. perbaikan ini dapat dilakukan pada printer Epson, l110, l120, l220, l360, l series dan langkah cara mengganti Roller kertasnya sama saja.

Daftar Isi Artikel :

  1. Membuka Skrup Bagian belakang Printer
  2. Membuka tutup bawah printer pembuangan tinta
  3. Melepas Pengait Per
  4. Mengangkat Roller bawah Printer
  5. Memeriksa bagian Kawat

Langkah-Langkah Memperbaiki Printer Epson Menarik Banyak Kertas

1. Membuka Skrup bagian belakang Printer.

Sebelum anda melakukan ini pastikan printer dalam keadaan mati dan terlepas dari stop kontak listrik cara ini agar tidak terjadi konslet apabila terjadi hal - hal yang tidak diinginkan. 

Membuka bagian obeng ini anda tidak boleh membalik printer yang dikhawatirkan bagian area pembuangan tinta berbalik arah keatas dan mengenai maiboard printer. ambil obeng dengan bentuk + lepas bagian screw coba perhatikan gambar dibawah ini. 

cara mengganti roller, epson, l110, l120, l220, l360, l series
solusi memperbaiki printer narik kertas banyak

2. Membuka tutup bawah printer pembuangan tinta

Melepas bagian bawah pembuangan tinta ini harus hati - hati jangan membalik printer. caranya cukup geser dan lepaskan kuncian yang ada disana. goyang - goyangkan dan tarik keluar anda bisa perhatikan gambar dibawah ini :

membuka tabung tinta printer.jpg
membuka tabung tinta printer

3. Melepas Pengait Per

Sampai posisi ini artinya kita sudah melihat bagian yang menyebabkan kertas printer menarik lebih dari satu lembar, disini bisa kita perhatikan terdapat pengait per dan roll yang diberi tanda kotak merupakan penyababnya.

perbaiki roller kertas
Anda bisa melepaskan terlebih dahulu per yang saya beri tanda oval. pelan - pelan dan simpan per tersebut jangan sampai ilang. letakkan ditempat yang mudah diingat. perhatikan gambar dibawah ini ya.

Setelah diangkat bagian Pengait pernya sekarang kita dapat langsung melakukan perbaikan pada area Rollerny perhatikan langkah ke 4.

4.Mengangkat Roller bawah Printer

Selanjutnya adalah membuka dan angkat bagian roller bawah printer ini, dengan cara lepaskan kuncian yang ada pada printer. dan angkat secara perlahan jangan sampai kuncian printer ini patah. perhatikan gambar jika sudah terlepas.
roller penarik kertas

5. Memeriksa bagian Kawat

Setelah dibuka bagian dalam area roller bawah kertas tersebut biasanya lilitan kawat patah, bisa diperhatikan pada kedua gambar dibawah ini. lilitan yang sudah diperbaiki dan yang dalam kondisi patah. untuk memperbaikinya anda bisa mencoba untuk menekuk menggunakan tang.

lilitan kawat patah
lilitan kawat normal
Setelah kita perbaiki hal ini pastinya printer akan berjalan dengan normal dan dapat bekerja lagi menarik kertas. cara ini sudah dibuktikan dan benar telah memperbaiki printer merek Epson L Series dan cara yang kita lakukan benar.

Selamat sampai disini anda sudah memperbaiki printer dengan normal.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar