Work Cara Mengatasi Error P10 Canon MP258/287

Ahmad Yusuf 3/19/2020
Sebagai pengguna mesin printer Canon MP258/287 terkadang dibuat pusing saat printer mengalami error, salah satu errornya adalah kondisi P10. meskipun hal ini terlihatnya sepele namun ketika kita lakukan perbaikan seolah - oleh merembet dan banyak sekali yang mesti di atasi. ya memang dalam error P10 ini tidak hanya berkaitan dengan bagian hal - hal sepele saja karena terkadang ini terjadi disebabkan oleh bagian mainboard saja. dan tentunya dalam perbaikan mainboardnya anda tidak perlu skema mainboard mp287 meskipun terkadang ada sebagian teknisi printer yang tidak terlepas dari gambar skema setiap mainboard karena ini juga hal penting.

Kondisi Error P10 Canon MP258/287 terkadang dibarengi dengan error b200 ya memang kondisi error ini saling berkaitan, jadi jangan kaget. memperbaiki printer mp287 error p10 sangat mudah apabila anda langsung menemukan faktor penyebabnya namun jika tidak menemukan pastinya mambuat pusing. orang yang tidak paham terkadang error P10 ini diatasi dengan cara reset error p10 canon mp258. Namun pada kenyataanya problem ini tidaklah hilang.

Lantas cara apalagi selain cara reset error p10 canon mp258? tentu ada beberapa cara yang mesti kita lakukan dan coba agar dapat menghilangkan pesan error p10 canon mp258 ini. dibawah ini saya bahas beberapa langkah menyelesaikan problem ini :
  1. Pastikan kembali errornya P10 dengan cara matikan dahulu printer MP258 anda, lalu hidupkan kembali dengan menekan Tombol Powernya.  dan hasilnya seperti di bawah ini:
  2. Jika sudah Yakin, Matikan printer anda dengan meng-OFFkan printer dengan penekan power ON/OFF.
  3. Nah sekarang lepas ke-2 Catrig dengan cara membuka/mengangkat Scanernya lalu Tarik dudukan cartig ke tengah secara perlahan.
  4. Setelah itu ON-kan  Printer, Lihat Petunjuk pada display, Jika keluar Error P05, Pasang kembali ke-2 Catrig dalam kondisi Printer ON, Caranya Buka kembali Scaner sehingga Dudukan Catrig ke tengah.
  5. Setelah Terpasang Catrig juga Kancingan Catrig, Tutup kembali scanernya, Tunggu Sesaat. Printer sementara Proses.
  6. Jika Berhasil, Display akan Menunjukkan Angka 1.

Jika Dengan Sulusi Diatas tidak Berhasil, Lakukan Solusi Berikut:

*) Kerusakan Berat,  Pada kerusakan Berat ini kita dapat mencoba Memperbaiki bagian mainboard :

Ini untuk kasus p-10 jika printer dihidupkan tidak ada gerakkan sama sekali.
jamper kaki ic fet nya

Problem dilapangan biasaya IC di tutupi lakban buka saja, jampernya menggunakan kawat atau pinset, caranya sangat mudah anda bisa menghubungkan kaki IC no 1& 4 dengan menggunakan kawat/pinset (usahakan yang pas jangan geser atau menempel ke kaki yang lainnya ) kemudian hidupkan printer,kira-kira 2 detik langsung -lepas jampernya dan lihat apa yang terjadi,Printer normal kembali...!

cara no.2

Ini untuk kasus p-10 jika printer dihidupkan tampaknya normal-normal saja dan ada proses gerakan printer.Tapi kemudian tiba-tiba muncul p-10
kerusakan terletak pada Resistor (R301 Lihat gambar 2) dengan nilai 7,5 k ohm.Ganti resistor tersebut,jika tidak 6,8 k ohm juga bisa.
Dan lihat apa yang terjadi,Printer oke lagi...!
Oke kawan-kawan caraku ini boleh di coba,saya sudah mencoba berkali-kali selalu berhasil.     


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar