7 Kiat Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Di-charge, Sederhana!

Ahmad Yusuf 3/25/2020
Pengguna android masalah yang paling menyebalkan untuk kita adalah saat mengalami kondisi dimana HP tidak masuk saat di cas padahal jika kita lihat keadaan casan baik - baik saja dan tidak putus. Apalagi saat kita lihat batrai sudah mengeluarkan notifikasi merah dan ketika disambung ke charger tidak terjadi apa- apa?

Kondisi seperti ini kerap terjadi, dan ada beberapa kiat yang harus kita perbaiki. problem yang terjadi pada smartphone ini banyak sekali mulai dari parangkat HP menolak untuk di charge, bagian koneksi listrik di hp kamu rusak, kabel charger yang putus, atau bahkan ada problem yang menyebabkan pengisian batrai sangat lambat.

Untuk memperbaiki masalah ini ada beberapa hal yang coba kamu lakukan, siapa tahu diantara percobaan kiat memperbaiki ini dapat menyelesaikan masalah.

Daftar Isi Blog.

  1. Merestart Handphone Kamu
  2. Membersihkan bagian charging port
  3. Ganti Casan atau Ganti kabel atau adapter charger
  4. Handphone memerlukan update OS
  5. Ada kemugkinan masalah tersebut timbul karena software bug
  6. Gara-gara handphone kemasukan air
  7. Menjalankan Kalibrasi baterai 
  8. Solusi Terakhir
Ada sejumlah kiat yang harus anda coba diantaranya sebagai berikut :

1. Merestart Handphone Kamu

Merestart Handphone Kamu
Masalah handphone terkadang terjadi sementara ini dikarenakan faktor kerja handphone itu sendiri ada solusi mudah dalam mengatasi masalah ini dengan reboot atau mematikan lalu menyalakan kembali. ini merupakan langkah awal yang mesti kamu coba dan cara ini paling simpel? meskipun cara ini kebanyakan orang melupakannya.

Cara kerja ini sangat bermanfaat seperti yang kita ketahui saat handphone dimatikan maka secara otomatis seluruh aplikasi dan fitur yang ada di HP akan ikut berhenti dan merestart. Apabila langkah ini belum dapat menyelesaikan coba langkah berikutnya.

2. Membersihkan bagian charging port

membersihkan charging
Solusi kedua ini tidak ada salahnya dicoba terlebih dahulu ya, penyebab utama hp android tidak dapat di cas bisa jadi bagian charging port yang bermasalah, untuk masalahnya sendiri bisa kotor atau karat. Untuk memperbaikinya anda bisa mencoba membersihkan bagian charger port ini menggunakan kuas. hal ini dilakukan bisa juga untuk membersihkan debu yang menempel pada charging port yang menimbulkan penyumbatan aliran listrik masuk ke handphone.

Lakukan pembersihan ini secara perlan - lahan agar tidak merusak lempengan yang ada pada port charging tersebut ya.

3. Ganti Casan atau Ganti kabel atau adapter charger

charging hp
Jika saat ini anda menggunakan satu charger saja coba untuk menggunakan charger handphphone lain tentu tujuannya agar memastikan kerusakan ini terjadi pada bagian mana? Bagian handphone atau bagian charger, jika cara ini membuahkan hasil artinya bagian kebal adapter charger android mengalami putus atau keruskan.

Usahakan apabila tidak ada charger bisa di cas menggunakan casan kodok untuk hp yang memiliki batre bisa dilepas. namun cara ini tidak berlaku untuk hp yang memiliki batre tanam. Biasanya kerusakan pada charger ini dapat dilihat secara fisik yaitu nampak dari kabel yang ada patahan atau terlepas dari adapter. alat ini sering melonggar sehingga menyebabkan arus listrik terputus dan tidak tersambung kebagian kepala adapter.

4. Handphone memerlukan update OS

cara update OS hp
Kerusakan handphone juga kadang disebabkan dari sistem operasi yang bermasalah, Nah coba perhatikan update OS kamu apakah sudah memiliki versi terbaru? Jangan abaikan permintaan Update OS ini karena update terabaikan dapat mempengaruhi kinerja charging. cobalah untuk menyempatkan memeriksa update terbaru OS smartphone kamu. dengan membuka Settings > About Phone atau System Updates.

5.Ada kemugkinan masalah tersebut timbul karena software bug

aplikasi hp bug
Aplikasi yang bermasalah atau dengan sebutan bug biasanya juga dapat menyebabkan problem pada Perangkat anda. Langkah awal untuk memperbaikinya coba untuk menginstal aplikasi Ampere yang tersedia untuk android.

Aplikasi ini secara otomatis akan menunjukkan berapa daya yang ada di handphone kamu. dengan melihat info ini pastinya kamu bisa menganalisa apakah apk yang bug ini mempengaruhi charger handphone. jika ya coba update sistem OS dan reset HP anda.

6. Gara-gara handphone kemasukan air

perbaikan hp masuk ke air
perbaikan hp masuk ke air
Apa yang harus dilakukan jika hp jatuh ke air lalu mati, tentu ini sering terjadi untuk kamu yang sering berpergian dan jumpa dengan air. entah air hujan atau air sungai tentu dalam kondisi ini ada beberapa langkah yang harus diambil salah satunya jangan mengisi baterai terlebih dahulu karena akan menjadikan HP kamu semakin parah yaitu konsleting.

Dalam kondisi ini kamu bisa memastikan bagian HP ini seluruhnya benar - benar keadaan kering. dengan cara memasukkan HP kedalam beras, selica gel atau mencoba mengeringkan dengan vacum cleaner. jika masih bermasalah coba untuk ganti baterainya.

7. Menjalankan Kalibrasi baterai

kalibrasi hp
Kalibrasi handphone ini tugasnya untuk menjalakan dan menormalkan baterai tujuannya agar kapasitas yang ada diatas layar sama dengan isi baterai yang sebenarnya di dalam hp. cara ini juga sebagai upaya mempertahankan baterai agar awet dan tahan lama. adapun langkah - langkah kalibrasi Baterai adalah sebagai berikut :
  1. Diamkan Hp anda sampai dengan batre habis dengan sendirinya.
  2. Nyalakan dan biarkan dia mati sampai tidak dapat dihidupkan kembali
  3. Sambungkan Hp Android dengan charger tanpa dinyalakan. Hingga penuh
  4. Nyalakan handphone Jika daya yang tertera tidak 100 persen, charge lagi hingga penuh;
  5. Cabut kabel dan reboot handphone;
  6. Jika daya yang tertera di layar masih tidak 100 persen, ulangi lagi poin 4 dan 5 hingga kapasitas baterai di layar menunjukkan angka 100 persen;
  7. Jika sudah, gunakan handphone sampai baterainya habis lagi;
  8. Sambungkan charger ke handphone, kali ini kamu bisa men-charge tanpa hambatan.

Solusi Terakhir 

Apabila anda tidak dapat memperbaiki langkah diatas, terakhir adalah coba memperbaiki ic charger yang terdapat di android langkahnya bisa langsung masuk ke artikel Cara Memperbaiki Ic Charger HP android.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat mengatasi masalah hp android tidak dapat di charger. ada baiknya jangan lupa share artikel ini agar bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar