Awas baca ini sebelum ganti tinta printer epson dengan artpaper

Ahmad Yusuf 4/23/2019
Awas baca ini sebelum ganti tinta printer epson dengan artpaper - Pengalaman ini saya bagikan sesuai dengan yang pernah saya alami dalam mengganti tinta printer dye dengan jenis tinta artpaper, untuk orang awam dalam urusan printer memang hal ini akan membuat kita ragu - ragu dalam penanganannya karena tinta jenis dye dan artpaper ini memang sangat berbeda baik dari segi warna maupun kekentalan tinta tersebut. jelasnya tinta artpaper lebih kental jika kita bandingkan dengan tinta dye warna yang di hasilkan pun lebih kontras ketika untuk melakukan print. jika kita bandingkan antara warna printer hasil cetak tinta dye dan artpaper keduanya akan terlihat sekali bedanya.
 
Normalnya ketika kita membeli printer baru biasanya printer akan diberikan atau diisi dengan tinta jenis dye meskipun sering kita kenal dengan tinta ori epson, pada dasarkan jenis tinta ini masih sama dengan tinta dye karena kwalitas tinta tidak tahan air dan juga cahaya matahari. mungkin sobat pernah melihat foto yang lama kelamaan memudar meskipun di letakkan di dalam bingkai foto. Nah biasanya penyebab foto memudar ini adalah karena sinar matahari yang secara langsung menyorot pada foto tersebut.
Awas baca ini sebelum ganti tinta printer epson dengan artpaper
Tidak ada cara yang dapat mengatasi hasil foto lama - lama memudar ini meskipun banyak kalangan pengusaha cetakan menyarankan dengan cara di laminating atau di press agar lebih tahan lama. karena berdasarkan pengalaman cara ini juga tidak dapat memproteksi foto agar awet dan tidak pudar. Kembali ke pembahasan kita mengenai hal yang perlu di waspadai ketika mengganti tinta dye dengan tinta artpaper.
Sebelum kita melakukan pergantian tinta dari dye ke artpaper pastikan hal - hal berikut ini :
  1. Pastikan tinta dye pada selang sudah di kuras bersih sebelum di tungkan tinta artpaper
  2. Pastikan tinta dye tidak ada yang tertinggal di bagian tabung
  3. Pastikan tinta dye tidak ada yang tertinggal pada bagian head.
Tiga hal tersebut wajib di waspadai karena pengalaman saya sendiri pernah tidak sengaja tercampur kedua tinta tersebut antara dye dan artpaper alhasil head printer menjadi mampet, tinta printer tidak mau keluar. hingga akhirnya harus dikuras ulang dan membersihkan bagian head menggunakan head cleaner. tentu hal ini amat merepotkan karena faktor ketidak tahuan kita atau kecerobohan kita saat mengganti tinta dari dye ke artpaper.

Keuntungan Menggunakan tinta artpaper untuk cetak foto.

Bicara mengenai keuntungan menggunakan jenis tinta artpaper memang banyak sekali keuntungannya yang kita dapatkan selain keuntungan laba penjualan keuntungan kwalitaspun menjadi daya tarik sendiri untuk para konsumen. saya sendiri biasanya menjual foto dengan harga Rp.1000 per ukuran 1 R dan setelah di ganti menggunakan tinta artpeper bisa menjual dengan harga Rp.3000 perlembar ukuran 1 R. disini kita dapat menjelaskan ke konsumen mengenai kwalitas yang kita jual karena berani di tes dihadapan konsumen mengenai ketahanan foto yang di rendam menggunakan air. sehingga dalam hal ini kita benar - benar mementingkan kwalitas hasil cetak foto tersebut.

Merk tinta artpeper yang bagus dan tidak merusak head

Jika sobat kebingungan dan mungkin adanya kekahwatiran mengenai tinta artpeper apa yang bagus dan layak digunakan untuk printer yang sobat gunakan, baiknya cari merk tinta printer yang sudah dikenal dikalangan percetakan diantaranya tinta printer artpeper F1 atau blueprint. namun ada baberapa tinta yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi untuk sobat tinta ini sudah saya gunakan hampir lebih dari 2 tahun dan head printer baik - baik saja, merk tinta tersebut DIAMON anda bisa gunakan jika ragu dengan merk - merk lain yang beredar dan harga murah.

Kerugian menggunakan tinta artpaper

Saya tidak mengulas hanya sekedar membicarakan keuntungan semata, karena dengan menggunakan tinta artpeper ini pastinya ada hal yang merugikan,  seperti yang kita ketahui harga tinta artpaper sendiri memang terbilang dua kali lipat jika dibandingkan dengan harga tinta dye jelas kerugian yang akan kita alami ketika anda menggunakan tinta artpaper ini untuk printer kertas hvs biasa. yang pastinya harga jualnya rendah dengan tinta yang anda beli cukup mahal. untuk mensiasati hal ini saya sendiri memisahkan antara kedua printer tinta artpeper dan juga tinta dye. tinta artpaper sendiri saya khsusnya untuk mencetak foto dan juga mencetak kartu idcard.

Dari penjelasan yang saya ulas di blog tipstrikcetak.com ini pastinya anda sudah memahami mengapa dalam mengganti tinta artpeper ini tidak boleh sembarangan. yang di khwatirkan adalah terjadinya hal - hal yang tidak kita inginkan. semoga artikel ini bermanfaat.
 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar