Terbaru!! Membuat Medali Akrilik mudah

Ahmad Yusuf 5/19/2019
Medali akrilik biasa digunakan dalam suatu acara kelulusan, wisuda dan masih banyak lagi kegiatan - kegiatan yang mengharuskan menggunakan media medali. Untuk proses pembuatan medali sendiri sebetulnya cukup mudah asalkan anda memiliki beberapa alat penunjang yang nantinya digunakan untuk memotong pola akrilik, menempel gambar akrilik dan juga tentunya semua dilakukan dengan keahlian khusus dalam bidang seni atau kerajinan. karena sifatnya hal ini dapat dikerjakan dengan orang yang ulet dan sabar. tidak bisa buru - buru karena berakibat fatal apalagi jika terjadi salah potong tentu hal ini amat merugikan.

Untuk harga medali akrilik biasanya dibandrol mulai dari harga 18.000 sampai 22.000 semua tergantung kerumitan dalam proses pembuatan, penentuan harganya anda bisa menghitung biaya modal yang dikeluarkan dari nilai belanja bahan. karena setiap kota pembelian bahannya beda - beda tentu hal ini menyebabkan harga medali akrilik berbeda juga setiap kota. Untuk medali akrilik murah biasanya bisa di temukan pada penjual - penjual yang memang untuk pembelian bahan baku pembuatannya murah serta mudah ditemui. sedangkan untuk penjual yang jauh dari pembelian bahan baku akrilik pastinya untuk medali akrilik murah akan mereka sesuaikan lagi harganya.
medali bahan akrilik sendiri banyak di gandrungi oleh percetakan karena memang bisnis ini menawarkan keuntungan yang lumayan mulai dari proses pemesanan yang tidak mungkin hanya memesan satuan, pastinya mereka akan memesan medali bahan akrilik ini sesuai dengan jumlah yang akan diluluskan baik di sekolah maupun dikampus. medali dari akrilik di jual bukan hanya di kalangan percetakan besar justru kerajinan seperti ini banyak dikerjakan pada percetakan kecil atau bahkan yang home industri. Karena pembuatan medali dari akrilik ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan dikerjakan oleh orang - orang telaten.


cara membuat medali dari akrilik sebetulnya mudah didalam artikel ini kita akan ulas bagaimana cara memotong, menempel gambar dan sebagainya untuk cara membuat medali dari akrilik tentu seperti yang sudah saya jelaskan diatas dalam proses pembuatan ini kita memerlukan keahlian dalam bidang seni. Metode dalam pembuatan akrilik ada yang ditempel menggunakan stiker ada juga yang menggunakan metode cetak medali akrilik menggunakan printer berjenis flatbet berbahan dasar tinta UV. jenis cetak medali akrilik ini biasanya lebih bagus jika dibandingkan menggunakan metode tempel stiker.
Selain dua metode cetak medali akrilik tersebut, saat ini ada juga jenis medali akrilik grafir yang mana jenis medali akrilik grafir ini dibuat menggunakan mesin grafir dengan cara diukir di atas media akrilik tersebut hingga menghasilkan suatu karya yang indah dan dapat nilai jual. Selain itu banyak juga jenis medali kuningan akrilik dimana proses pembuatannya biasanya lebih rumit dibanding metode pembuatan medali akrilik karena untuk medali kuningan akrilik ini proses pembuatannya membutuhkan keahlian khusus yang melebihi dari pembuatan medali akrilik.

Jadi sudah pasti membuat medali dari akrilik lebih mudah tingkatannya jika dibandingkan dengan metode - metode pembuatan diatas karena sifatnya yang mudah dipotong dan di bentuk pola sehingga membuat medali dari akrilik ini menjadi salah satu pilihan bagi pengusaha percetakan. Untuk anda yang membutuhkan bahan dasar pembuatan akrilik ini anda bisa mencari medali akrilik jakarta dan sekitarnya karena memang di jakarta merupakan tempat yang mudah untuk menemukan bahan - bahan tersebut.

Medali akrilik ini dapat dijadikan medali wisuda akrilik atau medali kegiatan kelulusan lainnya, cara jual medali akrilik sendiri percetakan biasanya menawarkan kepada sekolah - sekolah atau tempat - tempat kampus yang sering mengadakan wisuda. Sehingga untuk jual medali akrilik ini mereka menemukan pasar yang pas. ukuran medali akrilik sendiri biasanya tergantung dari besarnya logo yang digunakan.

Membuat Medali Akrilik biaya murah

Dibawah ini cara membuat Medali Akrilik yang bisa anda praktekkan sendiri menggunakan beberapa alat yang mendukung untuk pemotongan akrilik. Langkah pertama pastikan anda sudah mendesain pola logo yang akan dibuat dapat menggunakan aplikasi corelDraw atau photoshop.
Membuat Pola Logo
Pastikan dalam membuat pola anda membuat garis bantu pemotongan agar hasilnya rapi dan juga mudah untuk dipotong. Disini ada banyak cara untuk mencetaknya bisa anda langsung cetak menggunakan printer UV atau anda bisa mencetaknya di bahan stiker plastik tranparan dengan posisi di miror. Pastikan dalam mencetak ini menggunakan tinta art paper yang tidak mudah luntur agar cetakan awet dan dapat bertahan lama.

Setelah  proses pencetakan selesai saatnya ada tempel pada bagian akrilik lalu dipotong sesuai dengan pola garis yang sudah di buat tadi menggunakan gregaji saw yang biasaya digunakan untuk pemotangan akrilik seperti gambar dibawah ini :
Gergaji Potong Akrilik
Harga Gregaji Potong Akrilik ini kisaran harga 1.6 Jt atau bahkan lebih, Rapihkan bentuk akrilik sesuai dengan pola yang dibuat. untuk merapihkan anda bisa gunakan Gerinda halus agar hasil maksimal. Setelah proses selesai dan rapi anda bisa melubanginya menggunakan bor lalu diberi tali medali. Untuk membeli tali medali ini bisaya ada yang sudah jadi atau anda ingin membuatnya sendiri menggunakan tali webing yang dapat disatukan dan dijahit hingga membentuk tali medali ini. hingga hasil akhirnya seperti dibawah ini :
hasil akhir pembuatan medali akrilik
Sebelum anda menjual medali akrilik kepasaran pastikan hasil buatan anda sudah rapi, dan untuk proses latihan hingga menemukan ketepatan biasanya perlu diulang beberapa kali. faktor ini adalah wajar karena anda membuatnya tanpa ada panduan mentor secara langsung. jadi jangan lelah belajar. Demikian penjelasan mengenai cara membuat Medali Akrilik mudah.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar